Membangun Bisnis Online


Bisnis Online
Bisnis Online
Saat ini penjual sudah tidak perlu menyediakan show room untuk menjual mobil. Tidak memerlukan etalase untuk memajang produk. Semuanya dapat ditampilkan melalui sebuah layar yang terhubung online ke internet. Begitu juga dengan pembeli, sudah tidak perlu lagi menyusuri setiap sudut kota untuk mencari barang/jasa yang diinginkan. Cukup melalui internet, hampir semua informasi yang dibutuhkan bisa didapat.
Era internet merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Anda yang hendak merambah bisnis online. Berikut kita-kiat menjalankan bisnis online.

1. Tentukan tujuan bisnis online anda. Apakah anda berperan sebagai seller, agen, distributor atau menjadi re-seller barang/jasa.

2. Tentukan target segmen yang akan anda sasar. Penentuan segmentasi pasar ini nantinya akan memudahkan anda untuk menyusun strategi pemasaran.

3. Bangun jaringan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan aktif diberbagai situs jejaring sosial seperti twitter & FB. Penting bagi anda memperluas jaringan pasar untuk mempromosikan bisnis anda

4. Tampilkan data produk yang anda jual dengan sejelas dan semeyakinkan mungkin. Ingat, bisnis online sangat mengandalkan kepercayaan.

5. Buatlah kelebihan produk/layanan anda dibandingkan competitor. Contohnya, free ongkos kirim, rekening bersama, garansi dan lainnya.

6. Cantumkan contact person dan alamat jelas. Biasanya pembeli akan mengecek alamat dan telpon toko Anda

7. Bertahap, buatlah tim khusus yang memegang web teknis, konten, sistem keuangan, tim socialmedia, dan SEO.

8. Berikan konten yang menarik di channel online Anda.

9. Tingkatkan testimoni dari pelanggan-pelanggan Anda. Kolom berisi testimoni konsumen yang sudah pernah menggunakan produk kita, agar calon pembeli semakin percaya
Online Marketing
Online Marketing

10. Tanpa strategi pemasaran yg tepat, bisnis online tidak akan banyak berkembang. Manfaatkan forum-forum besar yg ada pada situs-situs komunitas dan layanan toko online yang sudah tersedia.




11. Lakukan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan traffic dan SEM (Search Engine Marketing) jika diperlukan.

12. Tingkatkan bonus tambahan bagi para reseller Anda apabila mereka bisa memenuhi target yg dibuat. Tawarkan keuntungan yang menggiurkan pada reseller anda.

13. Untuk meningkatkan penjualan, buatlah program promosi (misal sesuaikan momen hari raya) buat paket-paket menarik. Orang cendrung membeli lebih banyak di event-event khusus.

14. Buatlah paket-paket produk, harga khusus pembelian jumlah banyak, diskon saat moment-momen tertentu.

15. Buatlah artikel untuk review produk atau video untuk menggambarkan produk Anda secara visual

16. Bangun kepercayaan dgn layanan/produk berkualitas. Sehingga konsumen akan rekomendasikan ke orang lain. Proaktiflah menanyakan kondisi barang dengan konsumen.

17. Bangun brand itu penting, buatlah strategi merek yg diintegrasikan dengan social media marketing

18. JANGAN PERNAH MEMBOHONGI KONSUMEN. Sekali lagi, bisnis online merupakan bisnis kepercayaan yang mengalir dari mulut ke mulut.

19. Buat marketing plan bisnis online yg berisikan target sales, program promosi, content management.

20. Kekuatan bisnis online adalah: web design, konten yg bermanfaat, branding, SEO, MtoM marketing, inovasi produk dan layanan.
Kekuatan Bisnis Online
Kekuatan Bisnis Online
21. Secara berkala lakukan survei ke pelanggan mengenai tampilan web, kualitas produk & layanan, untuk perbaikan dan evaluasi.

22. Lakukan evaluasi penjualan stiap bulan. Cek apakah target tercapai, cek manakah strategi yg efektif dan mana yang harus dimodifikasi.

(disarikan dari berbagai sumber)
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Corat - coret intisari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger